Rabu, 12 April 2017

Hari Ini Dalam Sejarah - Yuri Gagarin Menjadi Manusia Pertama yang Berada di Luar Angkasa

12 April 1961 sebuah pesawat ruang angkasa bernama Vostok 3KA-3 (Vostok 1) diluncurkan dari Kosmodrom Baykonur, sebuah fasilitas peluncuran ruang angkasa milik Uni Sovyet. Pesawat ini membawa Yuri Gagarin, seorang kosmonot kebanggaan Uni Sovyet.

Yuri Gagarin saat berada di Swedia. Foto : Wikipedia

Vostok 1 diluncurkan sekitar jam 06.07 waktu Moskow, dan sukses mencapai orbit 11 menit kemudian. Pesawat ini berhasil mengelilingi mengorbit selama 108 menit (1 jam 48 menit), menjadikan sang kosmonot sebagai manusia pertama yang terbang di luar angkasa.

Model pesawat Vostok 1. Foto : wikipedia

Berbicara mengenai sosok Yuri Gagarin, yang tentunya menjadi kebanggan Uni Sovyet (sekarang Rusia), dia juga menjadi inspirasi bagi banyak orang di belahan dunia, tak terkecuali presiden pertama kita Ir. Soekarno. Sekitar tahun 1964 Presiden Soekarno memerintahkan seorang pemahat untuk membuat Monumen Patung Dirgantara atau yang lebih dikenal dengan sebutan Patung Pancoran. Patung ini akhir-akhir ini kembali viral karena foto wajahnya dari deikat. Pembuatan monumen ini terinspirasi dari prestasi dari Yuri Gagarin.

Patung Pancoran dari dekat. Foto : Dok. Rudy Sunandar
Menurut sejarawan LIPI, Asvi Warman seperti yang dikutip BeBagi.com dari Detik.com,  dengan pembangunan patung itu Bung Karno ingin menyampaikan pesan agar anak muda mempunyai kemampuan seperti Yuri Gagarin. Tak hanya patung, saat berkunjung ke Uni Sovyet Bung Karno juga memberikan penghargaan Medali Mahaputra pada Yuri Gagarin.


EmoticonEmoticon