Jumat, 11 Agustus 2017

Belajar nge-DJ lewat Google di Hari Lahirnya Musik Hip Hop



Pada tanggal 11 Agustus 1973,  seorang DJ Jamaika-Amerika berusia 18 tahun bernama panggung Kool Herc memutuskan untuk melakukan sesuatu yang berbeda saat tampil dalam sebuah pesta  di jalan 1520 Sedgwick Avenue, Bronx, New York. Alih-alih memainkan lagu secara penuh, dia hanya memainkan bagian instrumental dan menciptakan bunyi bunyian aneh melalui turntablenya yang kemudian menimbulkan sensasi luar biasa di pesta tersebut. Dan dengan itu kemudian Hip Hop lahir. Kool Herc sendiri kemudian disebut sebagai Bapak Hip-Hop

Hari ini di hari lahir Hip-Hop. Google menciptakan sebuah Doodle untuk ikut merayakannya. Yang unik dari Doodle ini adalah saat diklik akan tampil karakter animasi yang menceritakan sejarah singkat Hip-Hop yang dibawakan dengan gaya Hip-Hop juga. Karakter dalam animasi tersebut bukanlah fiksi melainkan karakter animasi dari Fab 5 Freddy yang merupakan pionir dalam musik Hip-Hop, suara karakter tersebut juga dibawakan langsung oleh si Fab 5 Freddy yang juga pernah menjadi host acara Yo! MTV Raps.



Tidak selesai di situ saja, selesai meriwayatkan sejarah singkat Hip Hop, Fab 5 Freddy lanjut memberikan tutorial untuk menjadi seorang DJ lengkap dengan tampilan meja DJ klasik. Selesai Tutorial kita diminta untuk memilih beberapa lagu untuk kemudian mencoba meramu lagu-lagu tersebut layaknya seorang DJ betulan.

Berdasarkan info dari laman Google Doodle. Pembuatan Doodle merupakan yang paling serius dari Doodle yang lainnya. Dengan melibatkan banyak personil, mulai dari konsultan, musisi, ikon hip hop, dan bahkan Grafiti Doodlenya pun didesain oleh seniman grafiti kenamaan Cey Adams. Lebih lengkapnya bisa kunjungi laman Google Doodle.

Bagi yang penasaran bisa mencobanya dengan langsung mengakses Google hari ini. Jika Doodle tersebut tidak muncul silahkan klik tautan berikut https://g.co/doodle/86b8ve dan selamat berDJ ria.



EmoticonEmoticon